Pengaruh Menstruasi Terhadap Asi Ibu Menyusui

Pada minggu yang lalu kaka saya merasakan hal yang sangat mengejutkan yaitu ASI drop. Dengan adanya kejadian ini tentu membuat pikiran kaka saya menjadi stres. Biasanya kaka saya bisa memerah ASIP dengan sekali pumping kurang lebih sekitar 150-200ml dalam sekali pumping dan kali ini saya melihat kaka saya hanya mendapatkan 70-100ml persekali pumping. Mengonsumsi makanan pelancar ASI sudah dilakukan bahkan kaka saya baru saja melakukan relaktasi selama 9 hari dengan anaknya supaya ASI yang didapat banyak. Dan setelah dianalisa ternyata penyebab dari dropnya ASIP kaka saya karena sedang memasuki masa menstruasi.

Pengaruh Menstruasi Pada Asli Ibu Menyusui

Pengaruh menstruasi terhadap asi

Ternyata eh ternyata menstruasi ini sama sekali tidak mempengaruhi kualitas dari ASI. ASI yang dihasilkan tetaplah asupan terbaik untuk si anak. Namun akan sangat mempengaruhi pada kuantitas dari ASI, hal ini dikarenakan beberapa faktor seperti :

  • Perubahan hormon, beberapa ibu mengalami sakit pada payudara.
  • Perubahan mood, seringkali merasa cape
  • Sakit kepala yang membuat proses menyusui menjadi tidak nyaman
  • Nyeri pada puting
  • Mengurangi produksi ASI

Jadi setelah mengetahui tentang pengaruh menstruasi terhadap ASI dan faktor penyebabnya, yang kaka saya lakukan apabila sedang datang bulan adalah tetap memenuhi asupan makanan dan minuman yang bergizi, menghindari aktifitas yang terlalu menguras tenaga, sesekali maksimalkan waktu untuk beristirahat saat anda sedang melakukan pumping,  pikirkan sesuatu yang menyenangkan supaya bisa memicu hormon oksitosin sehingga anda bisa memproduksi ASI yang banyak, optimis dan positif thingking apabila anda bisa menghasilkan ASI banjir, dan membuat frekuensi pengeluaran ASI lebih sering.

Apapun yang terjadi pada anda, tetaplah untuk percaya diri bahwa anda mampu memberikan ASI kepada anak sampai dengan 2 tahun. Jangan biarkan pikiran negatif anda mengganggu fokus anda dan menggoyahkan kePDan diri anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *